ANAK BUMI MINGGU 3

07Apr

Anak bumi minggu ke-3 dibawakan dengan tema aku cinta alam. Hari jumat sore tanggal 6 April 2019 bandung diguyur hujan lebat, akan tepapi semangat anak bumi yang begitu besar untuk datang ke Eco Camp mengalahkan hujan lebat yang mengguyur bandung hari itu, dan tidak lupa anak – anak datang dengan membawa tugas – tugas yang sudah diberikan tentunya. Ketika anak bumi sudah berkumpul, alampun seraya mendukung semangat yang mereka pancarkan, hujan mulai reda dan anak – anak bermain tangkap pemburu dikebun belakang, semua bersorak sorai ceria menyambut langit yang mulai kembali cerah dan bermain bersama, karena hujan yang baru saja reda tentunya lantai kebun sangatlah licin sehingga menyebabkan anak – anak terjatuh berkali – kali, tapi tidak meredupkan semangat mereka utuk terus bermain. Meskipun sudah melewati sore yang begitu menguras tenaga, namun malam harinya anak bumi tetap semangat untuk mengikuti materi tentang bulying yang dikemas dengan meode mencontohkan bentuk – bentuk dari buliying.

Sabtu, 7 April 2019 selain dilaksanakan di eco camp, minggu ini anak bumi juga diajak berkeliling ke taman hutan raya (tahura) Ir. H. Djuanda yang terletak di Jl. Ir. H.Djuanda No.99, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat. Mulai dari pintu satu, plaza tahura, gua jepang, gua belanda, hingga ke penangkaran rusa. Di plaza tahura anak – anak diceritakan tentang sejarah singkat tahura, kemudian anak – anak dikenalkan dengan kekayaan yang dimiliki oleh alam, khususnya di lingkungan terdekat yang ada di Badung, anak – anak dikenalkan dengan beberapa jenis tumbuhan yang ada di tahura seperti jenis – jenis pinus, mahoni uganda, dll. Setelah itu anak bumi mengunjungi gua jepang dan gua belanda, di tengah perjalanan sambil bersistirahat anak bumi juga memamerkan karyanya, ada yang berupa nyanyian, cerita, puisi dll yang tentunya semua bertemakan tentang lingkungan.

Perjalanan dilanjutkan ke penangkaran rusa, di penangkaran rusa anak bumi diberikan materi tentang living values dan percaya diri, setelah materi selesai anak bumi kembali pulang ke Eco Camp sembari memungut sampah sepanjang perjalanan. Pada malam hari anak bumi diberi materi tentang sampah yang dikemas dengan metode debat, dari debat tersebut dapat dirasakan bahwa pada minggu ke-3 ini anak – anak sudah semakin menyadari akan ancaman dari sampah yang dihasilkan. Keesokan harinya anak bumi diberi materi mengenai air, yang dikemas melalui games yang menarik, materi yang diberikan meliputi penyaringan air, kepemilikan air, alokasi penggunaan air, dan cara mengambil air. Dalam materi ini anak – anak disadarkan akan kondisi air yang mereka gunakan. Di minggu ke-3 ini, anak bumi sudah terlihat semakin mandiri salah satunya terlihat dari mencuci piring, dari minggu pertama anak bumi dibiasakan untuk mencuci piringnya sendiri setelah makan, karena itu memang salah satu kebiasaan Eco camp, anak – anak terlihat senang dan terbiasa dengan hal tersebut.

 

Share it on :