A CELEBRATION

08Sep

Jika kamu bernapas dengan penuh kesadaran napas masuk dan napas keluar, kamu sudah memiliki pengetahuan. Semua orang bisa bernapas, tetapi tidak semua orang sadar bahwa mereka bernapas. Jika kamu bernapas dengan sadar penuh, kamu menyadari bahwa kamu hidup, jika kamu tidak hidup, anda tidak akan bernapas. Hidup adalah mukjizat yang terbesar dari semua mukzijat, dan anda dapat bersuka cita karena hidup, ketika anda bernapas dalam hal ini, napas anda adalah sebuah perayaan hidup.

Thich Nath Hanh – How To Sit

Napas selama ini mungkin saya anggap biasa saja walaupun faktanya saya tidak bisa bertahan hidup tanpa napas, menyadari dengan penuh bahwa saya sedang bernapas adalah hal yang sudah lama  saya lupakan bahkan mungkin tidak pernah saya lakukan. Tetapi, setelah saya bergabung di eco camp saya belajar tentang bernapas dengan penuh kesadaran, awalnya tidak mudah tetapi melalui latihan secara terus menerus semuanya sudah mulai terbiasa.

Bernapas dengan penuh kesadaran sangat banyak manfaat terhadap diri saya, yang jelas dengan berlatih bernapas dengan penuh kesadaran menjadi awal bagi diri saya untuk melakukan semua hal dengan lebih teliti, lebih berkonsentrasi dan lebih sehat.

Share it on :

LEAVE COMMENT