Belajar Dari Pohon

Ir. Y. Karyadi K., MT
Pengajar pada Jurusan Arsitektur, Universitas Katolik Parahyangan

Kita melihat sebuah Pohon hidup hijau, lebat daunnya dan lebat buahnya. Yang terlihat dari batang, cabang, dahan, ranting, daun hingga buahnya. Di sisi lain yang tidak terlihat adalah akarnya kareana berada dalam tanah. Demikianlah, semua itu adalah ‘organ pohon’ yang kita kenali bila mau tahu itu pohon apa?

Semua organ pohon pada dasarnya berbeda bentuk, berbeda posisi dan berbeda pula peran khususnya. Tapi ‘organ pohon’ bukan ‘pohon’! Itu hanyalah bagian dari pohon tersebut. Pohon hidup itu berarti ‘holistik’. Apa makna dari semua ungkapan ini?

Dari ‘pohon’ kita bisa ‘belajar’ banyak. Hakekat pohon itu mengajarkan 2 nilai. Yakni ‘persatuan’ dan ‘pelayanan’.

Nilai ‘persatuan’ dapat kita lihat dari bagaimana semua organ bersatu saling mendukung membentuk jalinan sesuai perannya hingga mewujudkan bentuk sebuah pohon yang hidup dan utuh.

Nilai ‘pelayanan’ dapat kita lihat bagaimana semua organ pohon masing-masing saling berkorban untuk member pelayanan kepada organ pohon yang lain, agar menjadi pohon yang hidup dan sehat.

Demikianlah sebuah pohon merupakan bagian dari lingkungan alam ciptaan Tuhan; telah member contoh; arti ‘persatuan’ dalam ‘perbedaan’, dan arti ‘pelayanan’ dalam ‘pengorbanan’ bagi kehidupan bersama. Mari renungkan apa arti peran kita dan bagaimana kehadiran kita bagi kehidupan bersama dalam bermasyarakat dan bernegara?.

Renungan memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-69

17 Agustus 2014.

Share it on :