Belajar dari Pohon

Ir. Karyadi Kusliansyah, MT, IAI
Pemerhati Yayasan Sahabat Lingkungan Hidup, Dosen UNPAR

  1. Pohon itu lambang hadirnya keserasian kehidupan dunia. Pohon tumbuh subur menandakan di lingkungan tersebut berlangsung siklus kehidupan seimbang. Jadi, cermati lingkungan hidup kita, apakah pohonnya subur? Jika ya, berbahagialah kita akan mendapatkan lingkungan kehidupan yang harmoni dan sehat. Tapi apabila tidak, maka petanda lingkungan tinggal kita sedang sakit. Apa yang bisa kita perbuat sebelum kehidupan kita tertular sakit?
  2. Pohon itu mengajarkan kualitas kehidupan bernilai bila dibina sejak dini. Pohon hidup subur, berbuah lebat dan baik, tidak lepas dari adanya pihak yang menanam, milih bibit baik, tempat yag tepat, memupuk dan menyianginya secara rutin. Akhirnya memanen hasilnya, baik bunga atau buahnya yang berkualitas. Artinya: Tak ada sesuatu hadir ada dalam sekejab. Semua perlu waktu yang cukup untuk mengkondisikan pohon tumbuh dan menguji keuletan pihak yang menanam dan merawatnya secara baik. Bunga dan buah adalah hasil proses sebuah komitmen.
  3. Pohon itu mencontohkan kepada kita kehidupan adalah semangat dari peran dalam kebersamaan. Cermati sebuah pohon, Tuhan ciptakan pohon tumbuh dari kecil hingga besar dalam semangat itu. Perhatikan organ pada pohon; ada akar, ada batang, ada dahan, ranting, daun, bunga hingga buah. Semuanya berbeda peran dan berbeda pula bentuknya. Akar tersembunyi dalam tanah tapi tanpa dia pohon tidak tegak hidup di bumi, batang tegak, kokoh figurnya, tapi dia berperan memikul kehidupan semua organ lain di atasnya, dan seterusnya semua organ hingga daun, bunga maupun buah pohon tersebut. Punya peran berbeda tapi semuanya hadir bersama dan berperan harmoni saling dukung saling memberi untuk satu nilai kehidupan bersama yaitu kehidupan sebuah pohon tersebut. Bayangkan seandainya masing-masing organ tersebut melawan peran dan tidak mau saling mendukung? Yang namanya pohon itu tidak ada lagi.
  4. Belajar dari spirit sebuah pohon di atas, mari kita renungkan. Tuhan memberi kita peran berbeda, punya talenta dan peruntungan masing-masing, dibalik itu tahukah kita akan satu nilai kehidupan bersama kita? Apa peran kita mendukung kehidupan bersama kita? Untuk itulah kita hadir, tidak untuk menyoal perbedaan tapi saling menjaga, saling mendukung saling memberi dalam kesatuan harmoni. “Unity in Diversity“. Banyak yang bisa kita lakukan dalam kehidupan bersama di dunia ini baik untuk kelestarian lingkungan alam tempat kehidupan kita, yang berguna nantinya untuk lebih memuliakan kualitas lingkungan kehidupan kita sebagai manusia kini maupun untuk generasi kita mendatang. Kualitas kehidupan bersama diuji dalam komitmen tindakan kita menanamnya. Mari kita wujudkan satu nilai kehidupan bersama kita dalam komitmen forum ini. Semoga bermanfaat.
Share it on :