Belajar Menanam Sumbu Kompor

27Sep

Hari ini 27 September 2018, Eco Camp kedatangan 113 anak SD Kelas 1-3 SD Kalam Kudus. Mereka ditemani oleh bapak/ibu gurunya. Seperti biasanya disambut dengan beberapa games. Mereka begitu antusias dan semangat mengikutinya. Mereka menikmati dan tertawa lepas. Acara selanjutnya adalah Tea Ceremony. Meminum teh bersama dalam keheningan. Mereka mendengarkan cerita perjalanan dari benih teh dengan saksama.

Selanjutnya, anak-anak SD Kalam Kudus dibagi menjadi 2 kelompok besar untuk mengikuti cerita tentang ‘Apa yang terjadi dengan rumah kita’. Cerita ini diberikan kepada anak-anak untuk membangun kesadaran bahwa sebenarnya yang terjadi pada bumi sekarang ini adalah ulah manusia. Tetapi, kita tidak hanya diam saja, kita harus melalukan sesuatu. Hal yang paling sederhana adalah membawa botol minum.

Setelah itu, mereka berkebun. Berkebun adalah kegiatan yang paling ditunggu-tunggu. Ada 2 pos besar yang diikuti oleh anak-anak. Pos 1 adalah menanam dengan sumbu sedangkan pos 2 adalah berkebun yang didalamnya terdapat 5 pos kecil. Lima pos kecil ini terdiri dari feeding Bunny, menyiram tanaman, menanam benih pada polibag, merawat tanaman dengan cara mencabuti gulma dan menyemai benih.

Setelah makan siang, akhirnya mereka pulang dengan membawa tanaman dengan sumbu yang sudah dibuat.

Share it on :

LEAVE COMMENT