Doing Nothing

08Sep

Bayangkan pohon yang tumbuh bersama di hutan. Mereka tidak berbicara, tapi mereka dapat merasakan kehadiran sesamanya. Ketika melihat mereka, kita akan mengatakan bahwa mereka tidak melakukan apapun. Tetapi mereka tumbuh dan menyediakan udara bersih untuk kehidupan dapat bernafas. Alih-alih menggambarkan meditasi duduk sebagai latihan konsentrasi, melihat lebih mendalam, dan mendapatkan ilmu. Saya menggambarkan meditasi duduk adalah untuk menikmati kebahagiaan dari duduk, sepenuhnya hidup dan dekat dengan keajaiban kerja tubuh, udara bersih, suara manusia dan burung-burung, dan perubahan warna langit.

Thich Nath Hanh – How To Sit

Pikiran yang dangkal mengalahkan hati yang melihat secara mendalam. Tujuan, target, deadline, dan masih banyak lagi, apapun itu selalu dipikirkan setiap waktu. Hari yang berlari begitu cepat menjemput minggu, bulan bahkan tahun membuat kita lupa untuk bernapas. Napas yang paling penting dalam hidup saja dilupakan apalagi berhenti melakukan sesuatu. Tidak melakukan apapun, bukan hal fisik saja tetapi hal-hal yang bukan fisik seperti berpikir. Doing nothing bukan berarti kita bermalas-malasan. Tetapi kita lihat kembali ke dalam hati kita dan rasakan sekeliling kita. Dengan latihan ini kita dapat merasakan orang lain dan merasa satu dengan alam semesta. Latihan ini mengasah rasa.

Saya sedang melatih diri untuk mengerjakan segala sesuatu dengan hati. Apapun itu talenta yang harus saya pertanggung-jawabkan. Sebesar dan sekecil apapun tanggung jawabnya.

Share it on :