FOLLOWING OUR BREATH

07Sep

“Mindfulness is always of something. When we are mindful, we are paying attention, but what are we paying attention to? mindfulness always has an object. When we sit, we become aware of our in-breath and out-breath. Follow your breath from the beginning of each inhale all the way through the end of each exhale. This is mindfulness of breathing. Each time we practice mindful breathing, we know a little more what mindfulness feels like.”  –Thich Nhat Hanh-

Ketika kita melakukan “kesadaran penuh” harus lah sadar penuh akan suatu objek. ketika kita sadar penuh, kita harus fokus pada sesuatu. Memiliki kesadaran penuh sangatlah sulit untuk saya. Pada petikan paragraf diatas dicontohkan bahwa ketika kita duduk, kita dilatih untuk sadar akan nafas kita sendiri. Saat bernafas mari kita coba mengikuti nafas kita dari mulai masuk sampai nafas kita keluar. Semakin kita mencoba untuk bernafas dengan kesadaran penuh, semakin kita merasakan energi positif yang diberikan alam. Semakin kita mencoba untuk bernafas dengan kesadaran penuh, semakin kita banyak bersyukur. Semakin kita mencoba untuk bernafas dengan kesadaran penuh, semakin kita merasakan kehadiran Tuhan dalam diri kita. Saya bertekad setiap mendengar suara adzan, saya akan duduk dan melatih fokus saya pada nafas sembari menjawab seruan adzan. Semoga dengan berlatih seperti ini. Lama kelamaan saya bisa mempraktikan “Kesadaran penuh” di setiap kegiatan yang saya lakukan.

 

Dari berbagi ini saya harap kita bisa lebih menyadari penuh segala hal yang kita lakukan. Sadari bahwa kita sekarang berada disini dan saat ini. Salam kenal dari Saya, Nugrah Ridho Muhammad. Petani muda di Ecocamp yang sedang berjuang menjadi wadah yang baik untuk para petani selanjutnya. semoga bermanfaat!

Share it on :

LEAVE COMMENT