Harmoni dengan Semesta

03Sep

Teh adalah minuman sederhana yang biasanya disuguhkan untuk para tamu yang datang di Eco Camp. Menurut sejarah, teh ditemukan di Tiongkok sudah mendunia. Teh bisa dikatakan minuman semua umat. Minum teh ternyata sudah menjadi kebiasaan ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Ada berbagai macam cara untuk minum teh. Begitupun minum teh di Eco Camp.

Di Eco Camp, semua tamu yang datang selalu disambut dengan upacara minum teh. Minum teh ditemani keheningan. Diberikan dengan senyuman dan tatapan mata. Secangkir teh yang sudah diterima, harus digenggam untuk merasakan kehangatan teh tersebut. Setelah itu, akan dikisahkan perjalanan dari benih teh yang sudah berubah menjadi secangkir teh.

 

Benih teh yang ditanam para petani teh tidak hanya diam. Tetapi, benih ini tidak putus asa. Benih ini berniat untuk berubah menjadi sesuatu yang lebih baik. Berkat bantuan cacing tanah, mikroba, mineral dan air yang ada dalam tanah, benih mulai memunculkan akarnya. Perlahan-lahan akarnya mulai menyebar dan masuk kedalam tanah. Setelah itu, benih berjuang untuk mulai tumbuh menembus tanah. Kesakitan yang benih rasakan, tetapi benih tetap mau berjuang. Akhirnya, benih muncul dipermukaan dan bertemu dengan sinar matahari, udara dan air. Kemudian benih mulai melepaskan cangkangnya dan mengeluarkan daun pertamanya.

Tiga tahun berlalu, benih teh ini sudah menjadi pohon teh yang indah. Dirawat dengan penuh cinta oleh para petani. Tiba saatnya untuk memanen, daun teh kemudian dipetik oleh petani dan dan dibawa pulang untuk dikeringkan. Lagi-lagi daun teh harus merasakan panas ketika dijemur di bawah teriknya matahari. Setelah kering, dibawa ke pasar dan dijual oleh para pedagang. Daun teh kering inilah yang dibeli oleh ibu-ibu dapur.
Selain perjuangan benih, ada juga bantuan awan yang ketika berkumpul semakin banyak diatas, akan turun dalam bentuk hujan. Air hujan yang turun akan masuk ke dalam tanah dan muncul kembali ke permukaan dalam bentuk mata air. Mata air inilah yang digunakan untuk menyeduh dauh teh. Butuh perjuangan banyak tokoh untuk teh dapat hadir didalam gelas. Perjuangan alam semesta. Kebaikan alam semesta yang berkumpul dalam secangkir teh. Minum teh dengan penuh kesadaran membuat manusia menjadi satu dengan alam. HARMONI.

Share it on :

LEAVE COMMENT