HENING, BERSYUKUR, SEDERHANA

16Dec

Waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. OMK St. Arcadius Bekasi akhirnya sampai ke Eco Camp pada pukul 12.30 kemarin. Disambut oleh kakak-kakak KS dengan permainan singkat dan tak lupa Tea Ceremony yang merupakan cara untuk menyambut tamu dengan pemberian sederhana. Dari teh, mereka belajar untuk menghargai proses dan kerja yang dilontarkan saat sharing. Kegiatan berlanjut dengan sharing tentang 7 Kesadaran Baru Hidup Ekologis yang menjadi perjuangan di Eco Camp.

Noble Silence. Semua kegiatan dilakukan dengan penuh kesadaran dalam keheningan. Malam harinya, mereka mendengarkan sharing dan bermain games mengenai Leader in You. Semua orang adalah pemimpin untuk dirinya sendiri. Ada 3 poin yang ditekankan bahwa pemimpin itu harus mendengarkan, melayani dan memberi contoh.

Seperti biasa, hari ini dimulai dengan duduk hening, jalan lambat dan membumi. Setelah itu, dilanjutkan dengan games bertema Team Building. Games ini memberi tantangan kepada masing-masing kelompok untuk menanam satu jenis benih di rockwool dengan jarak tanam 25×25 cm. Luas lahan yang akan ditanami adalah 1×5 m. Yang ditanyakan adalah berapa jumlah benih yang akan disemai? Mereka diminta untuk menghitung. Jika benar, maka akan dilanjutkan ke pos berikutnya yaitu menyiapkan lahan dengan cara memberi pupuk dan menanam sesuai dengan jumlah yang mereka hitung sebelumnya. Mereka harus bekerja dalam tim untuk menyelesaikan pekerjaan dan membantu tim lain untuk dapat menyelesaikan tugasnya.

Ada juga games dengan tema We Need Other People yang memiliki nilai bahwa kita tidak dapat bekerja sendirian. Kita butuh teman-teman yang mempunyai energi yang sama. Kegiatan terakhir adalah komitmen dari masing-masing peserta untuk kemajuan OMK mereka. Seluruh kegiatan ini akhirnya ditutup dengan misa oleh Romo Dwi, pr. Tiga hal yang mereka setuju saat berada di Eco Camp adalah hening, bersyukur dan sederhana.

Share it on :