KELUARGA BAHAGIA

09Dec

Perjuangan yang panjang untuk dapat berkunjung ke Eco Camp akhirnya membuahkan hasil. Keluarga pak Doddy, keluarga pak Fajar beserta orang tuanya. Mereka sampai ke Eco Camp pada tanggal 7 Desember sore hari. Seperti biasa disambut dengan tea ceremony dan sharing mengenai  7 kesadaran baru hidup ekologis yang diperjuangkan di Eco Camp.

Hari kedua diawali dengan duduk hening, jalan lambat lalu membumi nafas kehidupan. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan From Garden to Plate yaitu memanen dari kebun lalu memasak sendiri untuk makan siang. Semuanya dilakukan dengan bersama-sama. Ketiga orang anak dari 2 keluarga itu, Koko, Ainto dan Gayu sangat menikmati ketika kegiatan memanen di kebun. Belajar cara untuk memanen yang baik dari sayuran sampai jamur. Kegiatan lain yang dilakukan adalah recycling kertas. Mereka sangat antusias belajar.

Hari ketiga diawali dengan melakukan Forest Bathing di Taman Hutan Raya. Setelah itu dilanjutkan dengan sharing dan workshop tentang mengolah sampah organik yang berasal dari rumah tangga. Semua kegiatan itu ditutup dengan komitmen untuk melakukan sesuatu setelah berkegiatan di Eco Camp.

Keluarga pak Doddy berkomitmen untuk mengolah sampah dapur menjadi media tanam dan mengurangi sampah plastik. Ainto sendiri berkomitmen untuk membereskan tempat tidurnya sendiri sedangkan Koko akan melanjutkan recycling yang sudah dilakukannya yaitu membuat mainan dari plastik dan kertas bekas.

Keluarga pak Fajar berkomitmen untuk langsung membeli jam bandul yang akan berfungsi untuk mengingatkan keluarga mereka untuk selalu bahagia dengan cara yang sederhana yaitu bersyukur ketika kembali menyadari nafas kehidupan. Mereka juga akan mulai memisahkan sampah plastik dan organik dengan kesadaran yang baru dan mau mengurangi sampah plastik.

Keluarga Akung dan Uti, orang tua dari pak Fajar juga berkomitmen untuk sharing mengenai 7 kesadaran baru hidup ekologis dan mulai memilah sampah di rumah mereka yang berada di Jogjakarta.

Mereka semua adalah orang-orang luar biasa yang berkunjung ke Eco Camp dan menambah cinta di tempat sederhana ini.

Share it on :