Memahami Nilai-Nilai Kehidupan di Balik Semua Tradisi & Simbol Imlek

Imlek tahun ini saya mendengarkan penjelasan sangat menarik mengenai makna imlek menurut Pastor J.A. Hendra Sutedja, SJ yang pernah belajar teologi di Taiwan dan spiritualitas di Roma serta fasih berbahasa Mandarin.

Romo Hendra antara lain menjelaskan sejarah perayaan imlek, arti warna merah, makanan yang dimakan saat merayakan imlek, dan berbagai kebiasaan imlek lainnya yang makna simboliknya sangat mendalam mengenai rasa syukur, kebahagiaan dan harmoni dalam keluarga, keinginan kuat untuk mengalahkan yang mengganggu kehidupan, keinginan melindungi keluarga khususnya anak-anak, dlsb. Romo Hendra mengajak agar kita memahami nilai-nilai kehidupan di balik semua tradisi dan simbol imlek.

 

Yang paling menarik  adalah bagaimana Romo Hendra menjelaskan imlek dan Paskah yang keduanya adalah perayaan awal musim semi yang dirayakan untuk menyambut hidup baru. Maka perayaan imlek adalah perayaan harapan bahwa kehidupan kita masih akan berlanjut dengan penuh kegembiraan dalam kebersamaan. Bagi yang percaya kepada Tuhan tidak ada alasan lagi utk berputus asa dan kehilangan harapan karena kebaikan Tuhan tidak akan pernah berhenti.

Untuk kami di Eco Camp dan Eco Circle tahun 2021 ini adalah tahun harapan utk refocusing dan reorganisasi. Kami akan fokus kembali pada program edukasi kesadaran lingkungan hidup. Kami dalam proses untuk merekrut program manager dan memperkuat tim program dengan tenaga-tenaga muda yang lebih mampu. Kami juga berusaha agar secara keuangan kami bisa lebih sustainable. Kami masih mengandaikan doa dan dukungan para sahabat Eco Camp dan Eco Circle sambil mengucapkan terima kasih kepada semua sahabat yang sudah membuka hati dan mengulurkan tangan untuk membantu Eco Camp dan Eco Circle.

Pst. Ferry Sutrisna Wijaya Pr

Share it on :