Program

Kegiatan Edukasi Eco Camp

Kegiatan Edukasi bertujuan memupuk nilai-nilai tanggung-jawab, penghargaan, dan semangat berbagi untuk tercapainya nilai integritas pada peserta.

Penyadaran Ekologi

Hidup manusia hanyalah sebentar sekali di Bumi ini, bahkan sebenarnya generasi saat ini meminjam sumber daya alam dari generasi anak-cucu yang akan datang. Bumi tidak butuh manusia, namun manusia membutuhkan bumi. Oleh karenanya, merajut kembali cara-cara harmonis untuk hidup di Bumi ini dengan memperlakukan Bumi dan isinya sebagai sesama, adalah hal yang utama.

Umumnya dilakukan dalam bentuk seminar dan diskusi, yang dapat juga dilengkapi dengan kegiatan praktek langsung.

7 Kesadaran Baru Hidup Ekologis

Kesadaran dan semangat yang dipercaya dan dihidupi di Eco Camp untuk hidup secara ekologis. Kesadaran ini ditularkan kepada sebanyak mungkin orang, jadi semua pengunjung Eco Camp akan diperkenalkan ke 7 Kesadaran Baru Hidup Ekologis ini.

Simposium Membangunkan Pemimpi dan Mengubah Impian

Program dari Aliansi Pachamama (www.pachamama.org), yang merupakan program pendidikan transformatif yang mengeksplorasi tantangan yang dihadapi umat manusia pada saat kritis ini dan kesempatan kita sebagai keluarga manusia harus menciptakan masa depan yang baru.

Masa Depan Pangan

Bagaimana agar kita lebih sadar akan kebiasaan kita dalam makan. Lebih banyak populasi membutuhkan lebih banyak makanan. Kita juga membutuhkan makanan yang lebih sehat dan berkelanjutan di masa depan.

Teori U

Teori U berasal dari Prof Otto Scharmer dari MIT Boston. Teori U membantu kita membuka pikiran, hati, dan kehendak kita untuk dipandu oleh masa depan yang terkuak. Teori U membantu kita memahami perbedaan ekologis, sosial, dan spiritual yang harus dipertimbangkan dalam merancang masa depan kita. Masa depan kita terletak pada jawaban siapa kita dan kehidupan seperti apa yang diinginkan untuk masa depan yang lebih baik.

Harapan Aktif

Active Hope adalah buku yang ditulis oleh Joanna Macy dan Chris Johnstone untuk memperkuat kemampuan kita menghadapi masalah hidup dengan ketahanan dan kekuatan kreatif. Harapan Aktif membantu kita untuk memiliki rasa syukur, menghormati rasa sakit kita di dunia, melihat dengan mata yang baru, dan melakukan serangkaian aktivitas sadar penuh.

Perjalanan Kosmik

Perjalanan Kosmik dari Brian Swimme dan Thomas Berry adalah sebuah refleksi perjalanan melalui berbagai tahapan erbentuknya kehidupan, mulai dari terbentuknya alam semesta, terbentuknya tatasurya dan bumi, kemunculan tumbuhan, serangga dan binatang sampai kemunculan manusia.

Alam Semesta dan Kita

Dalam program ini, kita akan melihat secara ilmiah, peran dan posisi kita dalam konteks alam semesta. Jika cuaca memungkinkan, biasanya program ini diakhiri dengan Star Lore dan Star Gazing.

Sampah adalah Ibadah

Masalah utama mengenai sampah bukanlah mendaur-ulang ataupun menggunakan kembali, namun yang terpenting adalah mengurangi sampah dan menjadikannya sebagai ibadah.

Bercocok-tanam

Makanan yang sehat bukan hanya berarti terpenuhinya kebutuhan tubuh, namun juga terpenuhi oleh bahan-bahan yang sehat. Bahan makanan yang sehat adalah yang kita ketahui darimana asalnya dan bagaimana prosesnya sampai di meja makan kita.

Kegiatan dilakukan dengan praktek langsung di lapangan, mulai dari mempersiapkan lahan sampai mengolah hasil.

Penyiapan Lahan, Penyemaian Bibit dan Pertanian Permakultur

Program ini mengajarkan secara singkat tentang pertanian permakultur, dan pembelajaran langsung tentang persiapan lahan dan penyemaian benih.

Sampah dan Pembuatan Kompos

Dalam program ini, akan diajarkan cara-cara mengolah sampah dapur dan sampah organik lainnya menjadi pupuk organik yang siap dipakai dalam waktu 10 hari.

Berkebun dan memanen

Kegiatan bagi anak usia 4-10 tahun untuk mengenal asal makanan sayur yang mereka makan.

Dari Kebun ke Piring

Program ini adalah program integrative dari penyiapan lahan, pembuatan kompos sampai pengolahan makanan sehat organik ala Eco Camp.

Program Integratif Alam-Sains-Sosial Budaya

Kegiatan lapangan yang mengintegrasikan aspek alam, sains dan sosial budaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidup yang harmonis dengan alam sehingga partisipasi aktif melestarikan lingkungan dan alam diwujudkan melalui tindakan berdasarkan nilai baik (tanggungjawab, penghargaan, semangat berbagi dan integritas).

Ditujukan khusus untuk siswa sekolah dan langsung dilakukan di alam dalam bentuk permainan dan pengamatan.

Program Integratif Alam-Sains-Sosial Budaya

Kegiatan ini diberikan sesuai jenjang usia sekolah (TK dan Kelas 1-3, Kelas 4-6, Kelas 7-9 dan Kelas 10-12).

Pendidikan Karakter

Pendidikan nilai dan karakter untuk siap menjalani kehidupan, dengan bahasa komunikasi penuh kasih dengan saling menghargai, bertanggung-jawab dan saling berbagi sehingga mendorong tumbuhnya budaya damai.

Ditujukan khusus untuk siswa sekolah dan berlangsung setidaknya dua malam dan dapat dilakukan dengan bimbingan TNI.

Menemukan Cita-cita dan mewujudkannya

Dalam program ini, peserta diajak untuk menyadari bahwa menemukan cita-cita bukanlah suatu akhir, namun cita-cita tersebut harus diwujudkan, dan dalam mewujudkannya terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi.

Latihan Dasar Kepemimpinan

Program latihan menjadi pemimpin yang dimulai dari memimpin diri-sendiri untuk dapat disiplin, bertanggung-jawab dan siap melayani dengan penuh penghargaan dan semangat berbagi sehingga menjadi pemimpin yang berintegritas.