MERAWAT RUMAH KITA BERSAMA

09Jan

Bangun dari mimpi yang lama untuk membuat mimpi di jalan yang benar. Sesungguhnya, semua yang terjadi karena manusia merasa terpisah dari alam semesta. Padahal kita semua adalah satu.

Melihat kondisi saat ini, sangat tidak memungkinkan untuk tidak melakukan sesuatu atau hanya memilih pura-pura tidak tahu. Kita harus melakukan sesuatu. Karena, walaupun persoalan dan krisis yang dialami BESAR, tetapi kemungkinan dan harapan LEBIH BESAR.

Kita semua bisa melakukan apapun, yang paling penting adalah kreativitas diri masing-masing. Kita hanya perlu melakukan sesuatu yang kecil dan sungguh sanggup dilakukan dengan bahagia, bukan paksaan. Kita melakukan sesuatu di bidang kita masing-masing untuk kebaikan ibu bumi. Itulah panggilan hidup yang sesungguhnya. Dua puluh tiga peserta yang berkegiatan di Eco Camp mendapatkan sesuatu yang baru.  Para peserta juga diingatkan kembali untuk melakukan kembali hal-hal kecil yang sangat sederhana.

Kegiatan dengan tema merawat rumah kita bersama adalah kegiatan retret ekologis yang dilaksanakan pada tanggal 6 – 9 Januari 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali akan hal-hal baik yang seharusnya kita lakukan untuk membuat ibu Bumi kembali tersenyum. Selama berkegiatan, peserta diajak untuk lebih banyak megolah rasa, memaknai setiap pilihan hidup yang dilakukan. Selain itu, peserta juga berkesempatan berkunjunga ke Tebing Keraton dan Taman Hutan Raya Djuanda untuk menikmati hutan yang sebenarnya memberikan kebaikan yang sangat banyak kepada kita. Setelah 4 hari, akhirnya peserta kembali ke rumah dan lingkungan masing-masing. Para peserta yang pulang dari Eco Camp membawa satu komitmen kecil yang sudah diikat. Komitmen akan tinggal komitmen jika tak dilakukan.

Share it on :